Rekomendasi Wisata Kuliner Cita Rasa Khas Cambodia

Rekomendasi Wisata Kuliner Cita Rasa Khas Cambodia

Posted on by Sylvia Lee

Berlibur ke Kamboja tentu saja tak akan lengkap rasanya bila Anda tidak mencicipi kudapan khas cita rasa Kamboja. Sama halnya dengan negara lainnya, Kamboja atau Cambodia juga memiliki beragam menu masakan khas.

Masakan Khas Kamboja Memiliki Cita Rasa Yang Berbeda Dari Masakan Negara Lain

Dimana menu masakan ini pastinya disesuaikan dengan selera masyarakat Kamboja. Dengan begitu ciri khas dari Kamboja akan semakin unik dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang mengunjungi Kamboja. Kamboja atau Cambodia memiliki cita rasa yang berbeda dari masakan khas negara lain. Akan tetapi mayoritas menu masakan khas Kamboja ini cocok dengan lidah orang Indonesia. Sehingga tak heran bila banyak sekali rumah makan ataupun restoran khas Kamboja yang berdiri di tanah air. Akam tetapi tentu saja mencicipi makanan kjas Kamboja langsung di Kamboja menjadi hal wajib Anda coba saat berlibur disana. Sebelumnya Anda perlu mengetahui bahwa umumnya makanan khas Kamboja umumnya tidak terlalu pedas bahkan cenderung asam. Umumnya masakan Kamboja begitu kaya akan cita rasa. Karena memang umumnya masakan Kamboja dibuat dengan ragam rempah yang menggugah rasa. Maka tak heran bila masakan khas Kamboja kemudian sering disebut makanan khas tertua yang pernah ada.

Bai Sach Chrouk Masakan Khas Kamboja

Ada banyak sekali ragam masakan khas Kamboja yang pastinya perlu Anda coba dan Anda nikmati. Lalu apa saja ragam masakan khas Kamboja yang direkomendasikan? Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Pertama ada menu Lok Lak.
    Lok Lak ini adalah menu makanan dengan bahan dasar daging sapi yang ditumis dengan berbagai variasi yang berbeda. Lok Lak ini bisa dibuat dengan ditambahkan sayuran, tomat, dan lain sebagainya. Yang menjadi unik adalah proses memasak dari daging sapi. Dimana sebelumnya daging sapi direndam dalam waktu semalam dengan campuran kecap ikan, lemon, kecap manis, saus tiram, dan juga lada sehingga bumbu bisa meresap hingga daging. Bahkan ada pula yang menggunakan daging rusa sebagai ganti daging sapi.
  • Kemudian yang kedua ada Bai Sach Chrouk.
    Menu makanan ini sangat populer di Kamboja bahkan Anda bisa menemukan dengan mudah baik di pasar tradisional, di jalanan, maupun di restoran. Menu Bai Sach Chrouk ini dibuat dengan irisan daging babi tipis yang kemudian ditambahkan dengan orak arik telur. Nantinya menu ini disajikan dengan nasi putih sehingga terasa semakin nikmat. Yang menjadi khas adalah daging babi dipanggang diatas arang sehingga cita rasa manis dari daging akan semakin terasa. Biasanya menu ini akan disantap dengan kaldu ayam yang ditambahkan dengan irisan bawang goreng dan daun bawang.
  • Untuk menu yang ketiga adalah Khmer Red Curry.
    Kari khas Kamboja ini memiliki warna merah mencolok akam tetapi rasamya tidak terlalu pedas karena warna merah pada kari bukan berasal dari cabai. Kari ini mengandung Kroeung yaitu pasta kunyit khas Kamboja yang dibuat dsri campuran kunyit, lengkuas dan juga serai. Isian kari ini umumnya adalah daging ayam atau ikan, kentang, terong, dan kacang hijau yang disajikan dengan baguette Prancis.
  • Lalu menu keempat yang direkomendasikan adalah Prahok Ktiss.
    Prahok Ktiss ini dobuat dengan fermentasi ikan yang merupakan produk khas dari Siem Reap. Menu makanan ini begitu menggugah selera meskipun baunya begitu kuat dan tajam. Umunya Prahok Ktiss ini akan dibuat dengan irisan daging babi, terong, santan, dan juga kreoung. Itulah beberapa jenis menu makanan khas Kamboja yang pastinya wajib Anda coba.
Please follow and like us: